LOMBA KELOMPOK PETERNAK DAN PETUGAS TEKNIS BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2013


Lomba kelompok peternak dan petugas teknis berprestasi dilaksanakan setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk mengetahui sejauh mana penerapan sistem dan usaha peternakan yang dilaksanakan oleh para peternak yang terbentuk dalam kelompok peternak di seluruh Indonesia. 
 Upaya Pembinaan dan pendampingan secara kontinyu telah diberikan kepada kelompok peternak tersebut untuk meningkatkan produksi dan produktifitas ternak yang dikelola oleh kelompok.  Ribuan kelompok ternak telah terbentuk dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan kinerja yang sangat bervariasi.  Kelompok yang terbentuk berdasarkan kebutuhan yang sama dan dimulai dari peternak sendiri merupakan kelompok yang berakar kuat dan setiap anggotanya mempunyai rasa soliditas yang tinggi, kelompok seperti ini merupakan kelompok yang diharapkan berkembang di masyarakat.  Kelembagaan kelompok yang demikian diharapkan dapat terbangun dengan baik, sehingga peran pemerintah sebagai fasilitator hanya sebatas mempercepat perkembangan (speed up) ke arah yang lebih besar dan profesional.  Peningkatan kualitas kelompok merupakan tantangan yang perlu diantisipasi untuk mewujudkan sistem agribisnis yang efisien, lebih produktif dan berkelanjutan.  Kelompok yang baik akan menjadi rujukan dan tempat belajar bagi kelompok lain yang belum/kurang berkembang.
  
Untuk menjaring kelompok ternak sapi potong, kambing, ayam lokal dan itik yang baik yang akan terus dibina dan didampingi untuk dapat meningkatkan motivasi dan kinerjanya dalam memproduksi produk ternak yang baik, maka Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan secara rutin melaksanakan lomba kelompok sebagai evaluasi pengembangan agribisnis peternakan.  Dengan adanya hasil lomba yang juga merupakan kebanggaan bagi para peternak, diharapkan dapat memicu, memotivasi dan meningkatkan peran serta mereka dalam pengembangan peternakan. Selanjutnya untuk meningkatkan kinerja para petugas teknis dalam membimbing kelompoktani ternak dan meningkatkan pelayanan kesehatan hewan, maka diberikan penghargaan kepada petugas teknis yang berprestasi.

Pada Tahun 2013 ini, tercatat sebanyak 17 Provinsi yang mengirimkan pesertanya untuk bersaing memperebutkan beberapa penghargaan di 4 (empat) kategori kelompok peternak yaitu kelompok peternak sapi potong, kambing/domba, ayam dan itik serta 3 kategori petugas teknis yaitu Inseminator, Dokter Hewan Puskeswan dan Paramedik Puskeswan.



Penghargaan yang disediakan tahun ini adalah 5 (lima) penghargaan untuk masing-masing kategori kelompok peternak dan 3 (tiga) penghargaan untuk masing-masing kategori petugas teknis, sehingga total ada 29 (dua puluh sembilan) penghargaan yang disediakan.


Tim juri yang menilai peserta lomba tahun ini dipimpin oleh Ir. Wignyo Sadwoko, MM sebagai koordinator dimana tim juri yang dibentuk terdiri dari unsur Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Perguruan Tinggi (IPB) dan Asosiasi Peternak (HIMPULI, PPSKI, PDHI). Hasil dari penilaian oleh tim juri terhadap dokumen profil yang dikirimkan dan verifikasi lapang, telah dihasilkan pemenang lomba yang ditetapkan melalui Keputusan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Nomor 1184/Kpts/TU.210/F/10/2013 Tanggal 21 Oktober 2013.


Berikut adalah daftar nama pemenang lomba Kelompok Peternak dan Petugas Teknis Berprestasi Tahun 2013 :

KATEGORI SAPI POTONG
PROVINSI
NAMA KELOMPOK
PERINGKAT
Jawa Timur
Kelompok Pancong Jaya
I
Jawa Tengah
Kelompok Bangun Rejo
II
Sulawesi Selatan
Kelompok Waji Ternak
III
D.I.Yogyakarta
Kelompok Ngudi Makmur
IV
Bali
Kelompok Arta Sedana
V

KATEGORI KAMBING
PROVINSI
NAMA KELOMPOK
PERINGKAT
Jawa Tengah
Kelompok  Mandiri
I
Jawa Barat
Kelompok Mekar Harapan
II
D.I.Yogyakarta
Kelompok Ngudi Lestari
III
Lampung
Kelompok Saburai
IV
Jawa Timur
Kelompok Tani Dono Asih
V




KATEGORI AYAM
PROVINSI
NAMA KELOMPOK
PERINGKAT
Jawa Tengah
Kelompok Bina Ternak
I
Sulawesi Selatan
Kelompok Buras Nusantara
II
Jawa Timur
Kelompok Upakarti
III
Jawa Barat
Kelompok Medal Saluyu
IV
Kalimantan Timur
Kelompok Bina Mandiri
V

KATEGORI ITIK
PROVINSI
NAMA KELOMPOK
PERINGKAT
Jawa Timur
Kelompok Karya Tani
I
Jawa Tengah
Kelompok Maju Jaya
II
Jawa Barat
Kelompok Mitra Gemilang
III
Kalimantan Selatan
Kelompok Sinar Jaya
IV
Lampung
Kelompok Makmur
V

KATEGORI INSEMINATOR
PROVINSI
NAMA INSEMINATOR
PERINGKAT
Jawa Barat
Enoh Kurniawan, A.Md
I
Sumatera Barat
Rakhmat Syah, S.Pt
II
Jawa Tengah
Sutrisno
III

KATEGORI DOKTER HEWAN PUSKESWAN
PROVINSI
NAMA DOKTER HEWAN
PERINGKAT
Sumatera Barat
Drh. Roki Martarika
I
Jawa Timur
Drh. Syaiful Ratmus
II
D.I.Yogyakarta
Drh. Nanik Triana
III

KATEGORI PARAMEDIK PUSKESWAN
PROVINSI
NAMA PARAMEDIK
PERINGKAT
Sumatera Barat
Roni Novrizal
I
Jawa Timur
Maryadi, S.Pt
II
Jambi
Martha Betty Sinaga, S.Pt
III

Selamat buat para Pemenang dan bagi peserta lainnya yang belum berhasil menjadi pemenang lomba, Kami ucapkan terima kasih atas keikutsertaannya dan kami mengapresiasi serta mengharapkan agar terus meningkatkan usahanya demi kesejahteraan peternak Indonesia”. Demikian ucapan yang disampaikan oleh Koordinator tim juri Ir. Wignyo Sadwoko, MM.

Sekian.

2 komentar:

  1. siapa sangka dapat uang jajan bisa semudah ini?!
    join sekarang juga di www, EDENPOKER. biz
    BONUS 10.000 GRATIS JUGA LHO!

    BalasHapus
  2. Join bersama kami di EDENPOKER.BIZ
    lagi ada Bonus NEW MEMBER yang sangat menarik nich!!! ^~^
    Dengan minimal Depo Rp.15.000.- akan mendapatkan Bonus sebesar Rp.10.000.- PLUS NEXT DEPOSIT 5%
    Dan akan mendapat bonus menarik lainnya lagi
    seperti
    -Bonus Rollingan sebesar 0.3%
    Dengan minimal TO 1.000.000.-
    -Bonus Refferal untuk Player kami yang mengajak Teman-Temannya bermain sebanyak mungkin....sebesar 10%.

    Contak Person :
    Pin BB :d8a0a791
    live chat : edenpoker,com ( ganti koma dengan titik)

    BalasHapus