KISAH SUKSES SMD DARI DJOGJA


Pendiri CV. Mitra Amanah – Swalayan Qurban dan Aqiqah

Direktur Budidaya Ternak : “satu farm kambing, empat farm sapi dan empat outlet kambing tersebar di Sleman dan Bantul adalah salah satu hasil kerja keras, Mas Irawan salah satu contoh SMD yang sukses”


Adalah Irawan Eko Sulistyono, S.Pt lulusan dari Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada, seorang SMD dari Kabupaten Sleman tepatnya di Kecamatan Turi. Lokasi tempat tinggalnya tidak seberapa jauh dari lereng gunung Merapi. Semangat dan tekadnya untuk suskes sangat kuat. Setidaknya jiwa enterprenuer sudah muncul sejak usia belia. Mas Irawan yang lebih akrab disapa sejak duduk di bangku kuliah sudah memiliki usaha dan itu ia kembangkan terutama setelah menjadi SMD Terpilih Tahun 2007 yang pada saat itu merupakan program rintisan oleh Direktorat Jenderal Peternakan dalam upaya Pemberdayaan Masyarakat Melaui transfer ilmu pengetahuan dan teknologi  oleh Sarjana-sarjana Peternakan maupun para Dokter Hewan yang bergabung dalam Program SMD.

Sejak dibangku kuliah, mas Irawan telah merintis beberapa usaha salah satunya adalah beternak. Usahanya tersebut tambah berkembang sejak bergabung dengan program SMD. Perkembangannya sangat pesat dan saat ini telah mendirikan swalayan untuk hewan qurban dan aqiqah yang diberi nama “Mitra Amanah” yang telah berbadan hukum CV dan memiliki 5 (lima) outlet kambing tersebar di kabupaten Sleman dan Bantul yaitu di wilayah Maguwoharjo, Gedong Kuning, Wirosaban, Jalan Godean dan pusatnya berada di Jalan Kaliurang. Selain itu saat ini telah memiliki 4 (empat) kelompok binaan sapi potong yaitu berada di Kecamatan Turi, Kalasan, Piyungan dan Gamping. Dalam menjalankan usahanya, mas Irawan telah memiliki investor yaitu dari salah satu mantan Rektor UGM dan juga dari Bank Muammalat serta telah menjalin kerjasama dengan LAZIS, LSM, dan pihak swasta lainnya. Selama ini target penjualan selalu mendekati target bahkan ada yang melebihi target.

Omzet penjualan perbulan rata-rata mencapi 25 – 50 ekor. Pasarnya mas Irawan adalah Kota Jogja dan Kabupaten Bantul serta Sleman. Mas Irawan juga telah menjalin kerjasama dengan SMD-SMD lainnya seperti Dwi Agus dan Wahyu yang berasal dari Kabupaten Bantul.

Menurut mas Irawan yang sering dihadapi oleh SMD adalah bagaimana cara merubah pola pikir peternak dan memotivasi semangat para peternak. Untuk keterampilan dalam beternak, pada umumnya para peternak sudah memiliki namun hanya beberapa aspek teknologi budidaya yang memang harus ditransfer oleh SMD ke peternak seiring dengan perkembangan iptek saat ini.

Awalnya mas Irawan mengalami hambatan yang cukup berat yaitu ketidakpercayaan kelompok terhadap keberadaan SMD terkait dana yang dikucurkan. Kelompok saat itu masih beranggapan bahwa dana yang dikucurkan dari Pemerintah adalah milik kelompok dan SMD tidak berhak untuk ikut mengelola. Malah timbulnya kecurigaan bahwa SMD akan menguasai dana tersebut tanpa sepengetahuan kelompok. Kecurigaan ini memunculkan gap atau kesenjangan hubungan antara SMD dan Kelompok, namun dengan kesabaran dan keuletan mas Irawan untuk memberikan pemahaman yang pada akhirnya kelompok bisa memahami. Langkah untuk tidak mengambil profit sedikitpun dari kegiatan kelompok pernah ditempuh mas Irawan karena ingin membuktikan bahwa keberadaan SMD adalah murni untuk membantu kelompok. “Semua itu kembali ke niat” begitu ucapnya disertai senyum tulus dibibirnya tatkala mengakhiri cerita pengalaman sedihnya menghadapi semua cobaan.

Program SMD merupakan pemicu bagi keberhasilan peternak, untuk itu program ini sangat mendukung suksesnya pembangunan peternakan di Indonesia khususnya Pencapaian Program Swasembada Daging Sapi/Kerbau Tahun 2012. 

Dalam usahanya, mas Irawan pernah mengalami kerugian diawal usahanya hingga 6 (enam) juta. Namun semangat pantang menyerah dan bermentalkan baja mas Irawan tetap berusaha dan sekarang sudah mampu menghasilkan profit hingga puluhan juta dalam sebulan. Mas Irawan tak pernah mengatakan dirinya sukses, tapi apa yang dialaminya sekarang membuat orang lain mengakui kesuksesannya.

Menjelang Hari Raya Idul Adha atau Hari raya Qurban tahun ini, pada umumnya para peternak sapi potong, kambing/domba mengalami panen keuntungan. Begitu pula dengan mas Irawan, begitu banyak permintaan akan hewan qurban sehingga menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu setiap tahun. Selain dapat menjual semua ternak yang siap dijual, juga mas Irawan dapat menikmati kenaikan harga yang terjadi. Target penjualan mas Irawan adalah 750 – 800 ekor yang terbagi di 5 (lima) outlet. Salah satu strategi agar penjualannya maksimal adalah selain memperkuat jaringan, Mas Irawan juga menghindari melakukan display ternak terlalu banyak di outlet karena menghindari penyusutan berat badan agar dihasilkan bobot badan yang maksimal saat penimbangan.

Mas Irawan juga menyiapkan jagal untuk para konsumennya sehingga bisa disembelih ditempat dan lansung dibagikan kepada yang berhak serta telah memiliki pelangan tetap. Selain Idul Adha, mas Irawan juga melayani Aqiqah sehari-harinya dengan omset 25 ekor per bulan rata2. Dengan 5(lima) outlet yang dimilikinya sekarang. Sudah memiliki RPH sendiri yang berlokasi di Godean awalnya menggunakan RPH UGM.

Pada saat tim redaksi bersama mas Irawan, tak jarang panggilan masuk ke handphonenya yang didengar dari percakapannya adalah bisnis. Jadi kami tak bisa memungkiri lagi bahwa aktivitas usaha mas Irawan sangat padat. Mungkin inilah SMD yang diharapkan. SMD yang mampu membangun usahanya sedemikian sukses tanpa sedikitpun gentar menghadapi hambatan yang menghadang.

Menurut mas Irawan ada sekitar 50% SMD yang berhasil di Jogja “Hampir seluruh SMD terjun ke arah breeding, dan sangat sedikit yang melakukan trading” tutur mas Irawan. Karena tidak semua terjun ke pasar. Mas Busron juga melakukan trading yang berlokasi di Bantul.

Mas Irawan mengajak kepada kita semua terutama yang telah menjadi SMD mari berusaha di bidang peternakan, karena bidang ini Insya Allah jika dilakukan dengan sungguh-sungguh akan mendatangkan hasil yang lumayan besar. “Ternak adalah makhluk hidup, semua yang bernyawa selalu berhubungan dengan Yang Maha Kuasa, oleh karena itu jika kita pelihara dengan sepenuh hati dan penuh keikhlasan dan sungguh-sungguh, maka Insya Allah rejeki itu datang tanpa kira-kira” ucap mas Irawan. Inilah yang menjadi pondasi keyakinan mas Irawan bergelut diusaha peternakan. Namun, selain bidang peternakan, jiwa enterprenuer mas Irawan juga telah menghasilkan beberapa usaha lainnya dan diantara telah berkembang pesat diantaranya adalah rumah makan, laundry, penyewaan sound system, kost dsb. Beberapa omset besar yang telah dimilikinya antara lain tanah, rumah dan mobil. Ketika ditanya berapa total omzet semua jika dirupiahkan, mas Irawan dengan malu-malu menjawab “terserah sampeyan mau nulis berapa” kata mas Irawan. Setelah kita bujuk agar menyebutkan angkanya, mas Irawan memberikan kisaran antara 1-2 Milyar rupiah. (Roy Malindo, S.Pt)



9 komentar:

  1. Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Saya ada susu ternak,berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan Dan berat badan hewan ternak.harga 8500 per KG.hub.085643531114

    BalasHapus
  3. pak mau menawarkan TEPUNG ROTI MANIS untuk pakan sapi
    harga 3000/kg (nego)..
    stok 10 ton/minggu
    hub: 085725943964

    BalasHapus
  4. Misi gan numpak lapak, ini kami nenyediakan pakan ternak dari bermacam-macam limbah seperti KOPRA, LIMBAH SAWIT, ONGGOK TELO, JANGGEL, KULIT KACANG, KULIT TELO, TETES TEBU, LIMBAH KECAP, SELAMPER, dan masih banyak lagi, untuk info dan pemesanan bisa invet pib bbm 7DFB2B5C atau nomor hp 082311619455, kami berada di BLORA JAWA TENGAH terimakasih.

    BalasHapus
  5. Misi gan numpak lapak, ini kami nenyediakan pakan ternak dari bermacam-macam limbah seperti KOPRA, LIMBAH SAWIT, ONGGOK TELO, JANGGEL, KULIT KACANG, KULIT TELO, TETES TEBU, LIMBAH KECAP, SELAMPER, dan masih banyak lagi, untuk info dan pemesanan bisa invet pib bbm 7DFB2B5C atau nomor hp 082311619455, kami berada di BLORA JAWA TENGAH terimakasih.

    BalasHapus
  6. Kamu Mau bonus New Nember Rp.10.000 + bonus 5% lagi???
    Mau Jackpot nya juga ????
    atau mau Bonus Kejutannya ????
    Ayo sekarang Kamu Bisa langsung join DI EDENPOKER
    Proses Depo/WD Cepat, Aman,Terpercaya, WD berapapun pasti kami bayar!!! hanya di EDENPOKER. BIZ

    BalasHapus
  7. Join bersama kami di EDENPOKER.BIZ
    lagi ada Bonus NEW MEMBER yang sangat menarik nich!!! ^~^
    Dengan minimal Depo Rp.15.000.- akan mendapatkan Bonus sebesar Rp.10.000.- PLUS NEXT DEPOSIT 5%
    Dan akan mendapat bonus menarik lainnya lagi
    seperti
    -Bonus Rollingan sebesar 0.3%
    Dengan minimal TO 1.000.000.-
    -Bonus Refferal untuk Player kami yang mengajak Teman-Temannya bermain sebanyak mungkin....sebesar 10%.

    Contak Person :
    Pin BB :d8a0a791
    live chat : edenpoker,com ( ganti koma dengan titik)

    BalasHapus
  8. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan sejumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diminta untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus