Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) BUMN



PKBL merupakan  Program Pembinaan Usaha Kecil dan pemberdayaan kondisi lingkungan oleh BUMN melalui pemanfaatan dana dari bagian lama BUMN. Jumlah penyisihan laba untuk pendanaan program maksimal sebesar 2% (dua persen) dari laba bersih untuk Program Kemitraan dan maksimal 2% (dua persen) dari laba bersih untuk Program Bina Lingkungan.

Sesuai Pasal 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara, salah satu maksud dan tujuan pendirian BUMN adalah turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi, dan masyarakat. Wujud dari pelaksanaan Pasal 2 undang-undang Nomor 19 Tahun 2003 tersebut adalah dilaksanakannya PKBL oleh seluruh BUMN. Dari perspektif bisnis, PKBL juga merupakan wujud kepedulian sosial terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya, namun lebih mengarah kepada usaha penyiapan mitra usaha baru, bukan seperti Corporate Social Responsibility (CSR).
Program Kemitraan BUMN dengan usaha kecil, yang selanjutnya disebut Program Kemitraan yaitu program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi  tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN.

Kriteria usaha kecil yang bisa mendapatkan Program Kemitraan : memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) atau memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 1 milyar; berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi langsung maupun tidak langsung dengan usaha menengah atau besar;  berbentuk badan usaha orang perseorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi; telah melakukan kegiatan usaha minimal 1 tahun serta mempunyai potensi dan prospek usaha untuk dikembangkan.

Kami mengharapkan tanggapan, saran dan masukan atas tulisan ini.
Sekian dan Terima Kasih

1 komentar:

  1. Join bersama kami di EDENPOKER.BIZ
    lagi ada Bonus NEW MEMBER yang sangat menarik nich!!! ^~^
    Dengan minimal Depo Rp.15.000.- akan mendapatkan Bonus sebesar Rp.10.000.- PLUS NEXT DEPOSIT 5%
    Dan akan mendapat bonus menarik lainnya lagi
    seperti
    -Bonus Rollingan sebesar 0.3%
    Dengan minimal TO 1.000.000.-
    -Bonus Refferal untuk Player kami yang mengajak Teman-Temannya bermain sebanyak mungkin....sebesar 10%.

    Contak Person :
    Pin BB :d8a0a791
    live chat : edenpoker,com ( ganti koma dengan titik)

    BalasHapus